Tinggal Pilih, Semua Mengaku Tawarkan Tarif Murah

Kamis, 06 Oktober 2011

Tentu kondisi ini menjadi lahan bisnis mengiurkan bagi operator-operator raksasa di tanah air untuk mengeruk keuntungan. Mereka berlomba menawarkan kemudahan dan harga murah bagi para jamaah untuk bisa berkomunikasi dengan keluarga di tanah air.
Rata-rata operator seluler memasang tarif Rp8.000 per menit untuk sambungan langsung jarak jauh Arab Saudi-Indonesia. Mengirim SMS Rp2.000, dan menerima telepon dari tanah air juga dikenakan dengan tarif yang sama.

Tarif akan lebih mahal jika jamaah menggunakan layanan BlackBerry. Operator seluler tanah air rata-rata mematok tarif Rp75 ribu per hari sebagai biaya berlangganan perangkat yang terkenal dengan blackberry messenger-nya ini. Sebagai salah satu solusi jamaah pengguna BlackBerry ini melirik operator seluler lokal.
Di antara sekian operator seluler lokal Arab Saudi, operator Zain bisa menjadi salah satu pilihan pengguna BlackBerry. Untuk layanan ini jamaah ditarif 125 riyal untuk berlanggan BlackBerry unlimited selama 60 hari. Namun dari sekian operator, mobily menjadi salah satu favorit jamaah Indonesia. Selain murah, operator seluler ini mudah dijumpai di berbagai sudut Kota Makkah dan Madinah. Dari tanah air, ada tiga operator yang menawarkan tarif khusus haji, yakni XL Axiata, Telkomsel, Indosat dan Axis.

PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan program tarif roaming internasional murah untuk Arab Saudi baik untuk layanan nelpon, VoIP, maupun BlackBerry. Program ini berlaku mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2011. Tarif ini berlaku bagi semua pelanggan XL baik prabayar maupun pasca bayar

Direktur Marketing XL, Joy Wahjudi, mengatakan, setiap tahun ratusan ribu warga negara Indonesia melakukan Haji ke Tanah Suci. Sudah pasti mereka sangat membutuhkan sarana komunikasi yang memadai agar bisa selalu tetap berhubungan dengan keluarga dan kerabat di tanah air."Karena itu pula, XL terus berkomitmen membantu para jamaah haji Indonesia agar bisa memanfaatkan layanan seluler yang tidak saja murah namun juga berkualitas,"ungkapnya.
Tarif roaming internasional murah XL untuk Arab Saudi adalah Rp2.000/menit untuk terima telpon dari Indonesia, dan Rp8.000/menit untuk nelpon dari Arab Saudi ke Indonesia maupun nelpon ke nomor lokal Arab Saudi. Pelanggan XL di Indonesia yang menghubungi nomor XL yang sedang roaming di Arab Saudi akan dikenakan tarif nelpon lokal.

Untuk SMS, pelanggan hanya dikenakan tarif Rp850 untuk kirim SMS, sedangkan untuk terima SMS tidak dikenakan biaya. Agar bisa mendapatkan kemudahan tersebut, pelanggan dapat langsung menikmati tarif ini tanpa perlu melakukan registrasi atau mengganti kartu (simcard). Sementara itu untuk layanan VoIP 01000 yang bisa digunakan untuk menelpon nomor lokal Arab Saudi dari nomor XL di Indonesia, pelanggan akan bisa mendapatkan tarif istimewa Rp1.800/menit, gratis 1,5 menit
nelpon setelah nelpon 3 menit (berlaku per nelpon).

Sedangkan operator Axis memberikan penawaran istimewa ini tidak hanya murah, namun juga memberikan kemudahan bagi pelanggan Axis untuk terus terhubung dan berbagi pengalaman spiritual mereka dengan keluarga dan kerabat di tanah air melalui layanan telepon, SMS, maupun layanan BlackBerry selama menjalankan ibadah Haji di Tanah Suci.
Direktur Sales Axis Syakieb A Sungkar, mengatakan, Axis terus membuktikan komitmennya untuk menyediakan layanan yang terjangkau kepada pelanggannya, termasuk saat musim Haji. Penawaran khusus selama musim haji dari Axis memberikan kemudahan secara menyeluruh, baik telepon, SMS, maupun layanan BlackBerry.
Termasuk memberi kesempatan bagi para jamaah haji untuk menghemat biaya komunikasi mereka selama di tanah suci. Sebagai bagian dari Saudi Telecom Company, STC, penyedia layanan telekomunikasi terbesar dan terdepan di Arab Saudi, Axis memastikan pelanggannya akan dapat menikmati layanan komunikasi yang berkualitas, dapat diandalkan dan terjangkau selama mereka melakukan ibadah haji.

Axis memberikan penawaran paling hemat dan fleksibel untuk layanan BlackBerry, di mana pelanggan dapat memilih layanan BlackBerry unlimited harian Rp9.900 per hari, mingguan Rp49.900 per minggu, dan bulanan Rp 199.900 per bulan.

Dengan layanan nomor roaming lokalnya, pelanggan Axis dapat menelepon keluarga dan kerabat mereka di Indonesia dengan tarif paling hemat Rp5.500 per menit. Axis juga memberikan tarif super hemat untuk mengirim SMS, yaitu Rp899 per SMS.

Lebih lanjut, Axis juga menawarkan tarif kompetitif bagi keluarga dan kerabat di Indonesia yang menggunakan nomor Axis paket haji untuk menelepon pelanggan Axis di Arab Saudi dengan menggunakan kode akses layanan internasional 01012 hanyadengan Rp1.290 per menit. Untuk pelanggan Axis lain, tarif yang berlaku adalah Rp1.388 per menit.Sementara Telkomsel dalam memanjakan pelanggannya menggandeng Zain,
operator terbesar ketiga di sana. "Para jamaah tidak perlu mengganti SIM card Telkomsel selama berada di Arab Saudi," kata Sarwoto Atmosutarno Direktur Utama Telkomsel. Ia mengatakan, dengan layanan ini, jamaah haji bisa lebih fokus menjalankan ibadah haji sehingga diharapkan bisa menjadi haji yang mabrur.Untuk melakukan panggilan telpon dan video call ke semua operator di Tanah Air,pelanggan hanya dikenakan Rp6.000 per menit, terima telpon Rp2.500 per menit, kirim SMS Rp 900 per SMS, serta gratis menerima SMS dari semua operator. Khusus untuk pelanggan kartuHALO ada tarif hemat layanan data Rp100/10kb untuk pemakaian

internet dan BlackBerry, dengan pembayaran maksimum Rp50.000 per hari (APNBlackBerry) dan Rp 150.000 per hari (APN non BlackBerry).Telkomsel juga menyediakan paket hemat layanan data bagi pelanggan paskabayar maupun prabayar yang sedang menjalankan ibadah haji. Pelanggan dapat membeli paket unlimited data roaming 3 hari seharga Rp 200.000 ataupun 7 hari dengan harga Rp450.000. Ada juga ragam paket unlimited BlackBerry Telkomsel yang menyajikan tarif hemat Rp45.000 untuk paket 1 hari, Rp130.000 untuk 3 hari, Rp300.000 untuk 7 hari, dan Rp850.000 untuk 20 hari. Untuk menikmati ragam paket hemat layanan data dan paket unlimited BlackBerry, pelanggan cukup menghubungi *123# dari ponselnya lalu pilih menu ”Internet& BBHaji”.

Sedangkan Indosat tahun ini meluncurkan program Indosat Haji 2011. Indosat menawarkan berbagai kemudahan berkomunikasi selama menjalankan ibadah haji untuk memudahkan para jamaah melakukan komunikasi dengan keluarga di Indonesia
selama menjalankan ibadah haji.
Membawa kartu Indosat ke Arab Saudi maupun menggunakan kartu Indosat untuk menelepon jamaah yang menggunakan operator Arab Saudi, para jamaah dapat tetap merasakan kedekatan dengan keluarga dan kerabat di tanah air dengan biaya yang lebih hemat.

"Ini merupakan program rutin kami sebagai bentuk apresiasi kami terhadap pelanggansetia Indosat," sebut Rianda Syafitri, Marketing Communikasi Indosat Batam.Menurut Rianda, adapun program tersebut antara lain nelpon hemat ke Tanah Suci
dengan biaya Rp1.800 per menit bagi pelanggan Indosat di tanah air untuk
berkomunikasi dengan jamaah di Tanah Suci pengguna nomor Arab Saudi.

"Caranya cukup mudah, yakni tekan saja 01016 + 966 + No HP/PSTN Tujuan," jelas
Rianda.Kemudian, Roaming BlackBerry di Tanah Suci dengan biaya Rp25 ribu per hari. Dengancara lakukan pengaturan manual ke operator Mobily untuk pelanggan pascabayar(Matrix dan Indosat Mobile), dan Rp45 ribu per hari untuk pelanggan prabayar IM3,Mentari dan Indosat Mobile.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Eiger News © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets